Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Learning Disabilities (Diskalkulia yang Disleksia)

Budi Azhari, 2018038003 (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Learning Disabilities (Diskalkulia yang Disleksia). In: Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Learning Disabilities (Diskalkulia yang Disleksia). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Learning Disabilities (Diskalkulia yang Disleksia)] Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Learning Disabilities (Diskalkulia yang Disleksia))
LP_PTPN_2019-Budi Azhari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia tidak jarang ditemukan kasus anak-anak dengan gangguan belajar diskalkulia dan sekaligus mengalami gangguan belajar disleksia, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam upaya membantu siswa dengan gangguan belajar diskalkulia yang disleksia. Ditinjau dari data yang akan dikumpulkan dan perangkat yang akan dikembangkan, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah dengan memodifikasi model 4-D (Four D model). Hasil penelitian ini melahirkan suatu produk perangkat pembelajaran untuk siswa dengan gangguan belajar diskalkulia yang disleksia. Pengembangan perangkat dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan (develop). Tiap tahapan yang dilakukan disesuaikan dengan materi yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu materi-materi yang menjadi dasar sehingga anak dikatakan mengalami diskalkulia berupa topik mengenal dan memahami bilangan, mengurutkan bilangan, dan operasi bilangan. Selanjutnya perangkat pembelajaran bagi anak dengan gangguan belajar diskalulia yang disleksia yang dikembangkan telah diujicoba dan diimplementasikan pada pembelajaran matematika bagi anak diskalkulia yang disleksia dan memperoleh hasil yang positif, baik ditinjau dari aktivitas dan respon siswa, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diterapkan perangkat yang dikembangkan

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:15
Last Modified: 07 Nov 2023 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32219

Actions (login required)

View Item
View Item