Pengembangan Perangkat Pembelajaran PAI Berbasis Re-STEAM pada Pembelajaran PAI Tingkat Sekolah Dasar

Erfiati, 191002019 (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran PAI Berbasis Re-STEAM pada Pembelajaran PAI Tingkat Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran  PAI Berbasis Re-STEAM pada Pembelajaran PAI tingkat Sekolah Dasar] Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran PAI Berbasis Re-STEAM pada Pembelajaran PAI tingkat Sekolah Dasar)
Erfiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran PAI dengan pendekatan Re-STEAM (Religion – Sciences, Technology, Engineering, Art, Mathematics) berbasis PjBL (Project Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan 4-D dengan tahapan Borg and Gall. Untuk memperoleh konsensus para ahli terhadap validitas model hipotetik yang dikembangkan, digunakan teknik Delphi. Hasil konsensus para ahli terhadap silabus adalah sangat valid (89%). Berikutnya konsensus para ahli terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Sangat Valid (91%). Konsensus ahli terhadap modul pembelajaran juga pada level Sangat Valid (87 %). Berikutnya konsensus ahli adalah lembaran observasi kegiatan guru yang mendapatkan kriteria sangat valid (88 %). Instrumen terakhir yang mendapat konsensus ahli adalah lembaran observasi aktivitas peserta didik yang mendapatkan kriteria sangat valid (88 %). Subjek penelitian ini adalah peserta didik pada SDIT Al Fityan School Aceh, SDN Unggul Lampeuneurut, SDN 02 Lamcot. Hasil uji efektitifitas modul menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir lebih baik dari tes awal pada masing-masing sekolah. Respon guru terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Re-STEAM berbasis PjBL adalah sangat baik dan sangat praktis. Respons positif juga ditunjukkan oleh peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Re-STEAM berbasis PjBL.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erfiati Erfiati
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:27
Last Modified: 08 Sep 2023 07:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item
View Item