Budaya Sebagai Pertahanan Bangsa: Studi Kasus Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau

Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, 2017097803 (2023) Budaya Sebagai Pertahanan Bangsa: Studi Kasus Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. In: Budaya Sebagai Pertahanan Bangsa: Studi Kasus Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Budaya Sebagai Pertahanan Bangsa: Studi Kasus Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau] Text (Budaya Sebagai Pertahanan Bangsa: Studi Kasus Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau)
LP_PTPN_2019-Kamaruzzaman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini merupakan studi terhadap sistem kebudayaan dapat dijadikan sebagai bagian dari pertahanan bangsa. Dalam hal ini, kajian formasi kebudayaan dalam budaya Minangkabau menjadi fokus kajian. Dijangka bahwa budaya Minangkabau memiliki akar yang kuat dan telah mampu mempertahankan masyarakatnya, baik yang masih tinggal di provinsi Sumatera Barat, maupun yang sudah pergi merantau ke negeri orang. Konsep rantau menjadi identik dengan budaya Minangkabau. Demikian juga berbagai konsep kebudayaan Minangkabau telah dijadikan sebagai bagian dari kehidupan masyarakatnya. Penelitian ini melalui kajian lapangan dan kepustakaan, berusaha menguak aspek-aspek inti di dalam kebudayaan Minangkabau. Peneliti melakukan kajian etnografi di Sumatera Barat dan kunjungan ke Tanjungpinang. Di sini, pengkaji mendapatkan narasi tentang aktor, setting, dan isu di dalam budaya Minangkabau. Narasi inilah yang menjadi argumen dalam penelitian, yaitu budaya dapat dijadikan sebagai pertahanan bangsa.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:16
Last Modified: 07 Nov 2023 09:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item
View Item