Pendidikan Karakter Dan Implikasinya Terhadap Revolusi Mental Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Indonesia

Muhammad AR, 2021076001 (2023) Pendidikan Karakter Dan Implikasinya Terhadap Revolusi Mental Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Indonesia. In: Pendidikan Karakter Dan Implikasinya Terhadap Revolusi Mental Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendidikan Karakter Dan Implikasinya Terhadap Revolusi Mental Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Indonesia] Text (Pendidikan Karakter Dan Implikasinya Terhadap Revolusi Mental Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Indonesia)
LP_PTPN_2019-Muhammad AR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada Madrasah Aliyah di Indonesia, implikasi penerapan pendidikan karakter terhadap revolusi mental siswa pada Madrasah Aliyah di Indonesia, dan kendala implementasi pendidikan karakter pada Madrasah Aliyah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif, subjek 4 orang kepala Madrasah Aliyah dan 30 orang guru bertugas mengajar pada empat Madrasah Aliyah di Indonesia ditentukan secara purposive sampling. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian, strategi penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran pada Madrasah Aliyah di Indonesia dilakukan dengan integrasi dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif, budaya madrasah, ekstrakurikuler, penerapan model pembelajaran kooperatif, dan penerapan nilai-nilai karakter. Penerapan penerapan pendidikan karakter berimplikasi terhadap revolusi mental siswa pada Madrasah Aliyah di Indonesia, meliputi; integritas, etos kerja dan gotong royong (kerja sama). Implementasi pendidikan karakter pada Madrasah Aliyah di Indonesia masih terkendala, berupa faktor peran keluraga dan masyarakat masih rendah. Namun demikian, secara keseluruhan penerapan pendidikan karakter terlaksana dengan efektif.

Item Type: Book Section
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:16
Last Modified: 07 Nov 2023 09:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item
View Item