Transformasi Budaya Lokal dalam Pembentukan Budaya Sekolah di Indonesia

Mujiburrahmad, 2008097102 (2023) Transformasi Budaya Lokal dalam Pembentukan Budaya Sekolah di Indonesia. In: Transformasi Budaya Lokal dalam Pembentukan Budaya Sekolah di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Transformasi Budaya Lokal dalam Pembentukan Budaya Sekolah di Indonesia] Text (Transformasi Budaya Lokal dalam Pembentukan Budaya Sekolah di Indonesia)
LP_PTPN_2019-Mujiburrahman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (954kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana potensi budaya lokal yang kaya dapat ditransformasikan menjadi budaya sekolah dalam rangka menjawab tantangan globalisasi dan pembentukan karakter siswa di Aceh dan Riau. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan berfokus pada dua lokasi penelitian, yaitu Provinsi Aceh dan Provinsi Riau. Secara spesifik penelitian ini bersifat tringualitas dengan memadukan tiga teknik berbeda, yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Kajian ini menemukan bahwa eksistensi dan potensi budaya lokal Aceh dan Riau yang berlandasakan kepada ajaran agama Islam telah membentuk ciri khas budaya lokal (budaya Riau) di dua wilayah ini. Terdapat sejumlah budaya dan nilai lokal yang diamalkan dalam kehidupana masyarakat Aceh dan Riau, kemudian terintergrasi ke dalam budaya sekolah. Ditemukan sejumlah budaya lokal yang telah terintegrasi dan menjadi amalan budaya sekolah, yaitu: a) Budaya Belajar, b) Budaya Berpakaian, c) Budaya Menghormati dan Memuliakan Guru, d) Budaya Infak dan Sedekah, e)Budaya Gotong Royong, f)Budaya Bersih, dan g)Budaya Memperingati hari Besar Islam dan Nasional. Pasca implementasi budaya sekolah berbasis budaya lokal tersebut telah menampakkan adanya transformasi dan perubahan budaya sekolah yang dipraktekkan di lingkungan sekolah seperti budaya belajar, berbusana berpakaian Islami; budaya menghormati dan memuliakan guru, budaya gotong royong, budaya bersih, dan budaya menggalakkan syi’ar Islam. Perubahan ini pada intinya mewujudkan nilai-nilai Islam yang sarat dengan nilai lokal dalam dimensi pendidikan yang spesifik. Melalui penerapan dan amalan budaya sekolah tersebut telah memberi dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa ke arah yang lebih baik. Komitmen pemerintah daerah, terutama v Pemerintah Aceh perlu ditingkatkan dalam upaya pengembangan budaya sekolah berbasis budaya lokal, sehingga adanya komitmen dan kebijakan tersebut dapat mendorong pengembangan budaya lokal dan budaya sekolah secara sinergis dan signifikan demi terwujudnya pencerahan peradaban masyarakat Aceh dan Riau.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:16
Last Modified: 07 Nov 2023 09:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32231

Actions (login required)

View Item
View Item