Implikasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia

Mukhtaruddin, 2015117702 (2023) Implikasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia. In: Implikasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implikasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia] Text (Implikasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia)
LP_PTPN_2019-Mukhtaruddin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Fokus penelitian ini meliputi; (1) Pengembangan layanan perpustakaan pada UIN di Indonesia, (2) Implikasi layanan perpustakaan terhadap kepuasan belajar mahasiswa pada UIN di Indonesia, dan (3) kendala pengembangan layanan perpustakaan pada UIN di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Teknik penentuan sampel purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah 3 orang kepala perpustakaan, 12 orang pustakawan, dan 345 mahasiswa yang berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, observasi, dan angket. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan; Pengembangan layanan perpustakaan pada UIN di Indonesia dilaksanakan melalui perencanaan, pengembangan fasilitas, pengembangan kompetensi pustakawan, pengembangan jaringan kerjasama antar perpustakaan, dan pengembangan jasa layanan perpustakaan. Kualitas layanan perpustakaan Universitas Islam Negeri di Indonesia berada pada katagori tinggi/baik, dengan nilai persentase rata-rata sebesar 76,62%. Sementara tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan perpustakaan UIN di Indonesia adalah berada pada katagori tinggi (puas), dengan nilai persentase rata-rata sebesar 76.91%. Sedangka implikasi (pengaruh) layanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa UIN di Indonesia adalah kuat, dengan nilai koefesiensi korelasi sebesar 0.765. Hal ini bermakna bahwa layanan perpustakaan mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepuasan belajar mahasiswa UIN di Indonesia. Sementara itu, kendala dalam pengembangan layanan perpustakaan adalah minimnya jumlah pustakawan.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, arsip, pusat informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:17
Last Modified: 07 Nov 2023 09:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32232

Actions (login required)

View Item
View Item