Perancangan dan Pengembangan Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Participatory Action Research (PAR)

Jarjani Usman, 2012087205 (2023) Perancangan dan Pengembangan Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Participatory Action Research (PAR). In: Perancangan dan Pengembangan Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Participatory Action Research (PAR). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan dan Pengembangan Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Participatory Action Research (PAR)] Text (Perancangan dan Pengembangan Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Participatory Action Research (PAR))
PBR_2019-Jarjani Usman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kualitas suatu produk kurikulum seperti buku sangat ditentukan oleh pemahaman guru dan pelaksanaannya dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, guru harus memahami isi kurikulum termasuk buku teks yang dipakai untuk proses pemeblajarannya dengan baik, agar apa yang disampaikan benar. Namun tidak semua buku memenuhi kualitas ini, sehingga penting menghadirkan para guru untuk ikut berpatisipasi dalam mengembangkan buku, seperti buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengombinasikan Participatory Action Research (PAR) dengan penelitian desain (design research) untuk merancang dan mengembangkan sebuah buku PTK secara kolaboratif dengan guru-guru di dua daerah, Aceh Besar dan Kabupaten Bireuen. Dalam proses perancangan dan pengembangan dievaluasi secara formatif melaui self-reflection, expert appraisal, angket, interview dan focus group discussion (FGD). Semua proses ini dilakukan untuk menghasilkan buku yang berkualitas dievaluasi berdasarkan kriteria dari validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya. Penelitian ini melibatkan pihak Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, dosen, dan guru. Hasilnya menunjukkan bahwa walaupun guru-guru pada awalnya menyatakan diri belum memahami PTK, mereka berhasil meningkatkan pemahaman dan minat untuk melaksanakan PTK dengan menggunakan buku teks yang dikembangkan bersama tersebut. Di samping itu, validitas buku tersebut meningkat berdasarkan serangkaian konsultasi dengan sejumlah pihak, terutama pihak Dinas Pendidikan, Kemenag, dan dosen. Bukan hanya itu, guru-guru merasa mudah menggunakan buku tersebut sebagai panduan mereka melaksanakan PTK. Singkatnya, penggunaan PAR dalam menulis buku PTK bersama guru bukan hanya meningkatkan kualitas buku tersebut, tetapi juga memberikan pengalaman bagi mereka dalam menggunakan PAR untuk menghasilkan sebuah buku teks yang baik.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:17
Last Modified: 07 Nov 2023 09:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32238

Actions (login required)

View Item
View Item