Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Perpindahan Kalor di SMAS Babul Magfirah Kuta Baro Aceh Besar

Khairul Mardiyah, 251222832 (2017) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Perpindahan Kalor di SMAS Babul Magfirah Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Belajar Fisika]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Belajar Fisika)
Khairul Mardiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas X SMAS Babul Magfirah Aceh Besar terlihat bahwa siswa kesulitan dalam mempelajari Fisika, salah satu penyebabnya karena guru jarang melibatkan siswa secara langsung. Oleh karena itu peneliti menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang sudah dikombinasi yaitu sebuah model yang memberi kebebasan kepada siswa untuk menunjukkan kreativitasnya yang disajikan dengan pemanfaatan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa di SMAS Babul Magfirah Aceh Besar pada Materi Perpindahan Kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Eksperimen, sedangkan desainnya adalah Pre-test and Post-test Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Babul Magfirah Aceh Besar semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Random. Analisis data menggunakan uji-t dua pihak, diperoleh hasil skor rata-rata post-test kelas Eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor Post-Test kelas kontrol dengan thitung> ttabel yaitu 3,75> 2,04 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Perpindahan kalor di kelas X SMAS Babul Magfirah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Soewarno S, M.Si 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), Perpindahan Kalor, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2018 15:43
Last Modified: 02 Apr 2018 15:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item
View Item