Program Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak-Anak Binaan di Panti Asuhan Jroh Naguna Banda Aceh

Rawdhah Binti Yasa, 2025128204 (2023) Program Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak-Anak Binaan di Panti Asuhan Jroh Naguna Banda Aceh. In: Program Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak-Anak Binaan di Panti Asuhan Jroh Naguna Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Program Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak-Anak Binaan di Panti Asuhan Jroh Naguna Banda Aceh] Text (Program Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak-Anak Binaan di Panti Asuhan Jroh Naguna Banda Aceh)
012 - 6x Laporan Lengkap Pengabdian 2022 - Fatmawati FST.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Emosi merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam kehidupan manusia karena ia akan memberi warna pada tingkah laku yang ditampilkan individu. Emosi ini biasanya akan timbul dalam konteks “interaksi” dan pada saat berinteraksi, dibutuhkan suatu kemampuan untuk membangun hubungan yang positif dengan individu lainnya. Kemampuan ini dikenal dengan istilah kecerdasan emosi. Salah satu bentuk pelatihan untuk mengembangkan kecerdasan emosi adalah dengan membuat program yang terstruktur melalui pelatihan regulasi emosi. Pelatihan ini terdiri dari lima sesi, yaitu: berkenalan dengan emosi, kenali dan kelola emosi diri, kenali dan pahami perasaan orang lain, berpikir positif, dan komunikasikan perasaanmu. Pelatihan regulasi emosi ini diberikan kepada 8 remaja yang sedang dalam proses rehabilitasi hukum di Panti Asuhan Jroh Naguna Banda Aceh. Dari proses pelatihan ditemukan bahwa aspek emosi merupakan salah satu hal yang memegang peranan penting dalam kehidupan karena mewarnai kehidupan manusia, pengelolaan emosi dapat dipelajari dan dilatih dengan cara berinteraksi dengan orang lain, dan pelatihan regulasi emosi merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan emosi.

Item Type: Book Section
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:18
Last Modified: 07 Nov 2023 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32241

Actions (login required)

View Item
View Item