Preferensi Gender dan Implikasinya Terhadap Stunting, Wasting Dan Capaian Pendidikan Pada Anak-anak di Indonesia

Muhammad Adnan, 2028047203 (2023) Preferensi Gender dan Implikasinya Terhadap Stunting, Wasting Dan Capaian Pendidikan Pada Anak-anak di Indonesia. In: Preferensi Gender dan Implikasinya Terhadap Stunting, Wasting Dan Capaian Pendidikan Pada Anak-anak di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Preferensi Gender dan Implikasinya Terhadap Stunting, Wasting Dan Capaian Pendidikan Pada Anak-anak di Indonesia] Text (Preferensi Gender dan Implikasinya Terhadap Stunting, Wasting Dan Capaian Pendidikan Pada Anak-anak di Indonesia)
022 - 8x - Muhammad Adnan-Laporan Penelitian - Zia Thahira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Preferensi ibu terhadap salah satu gender anak menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi outcome anak di dalam rumah tangga. Model teoretis memprediksi bahwa ketika seorang anak lahir dari jenis kelamin yang disukai ibunya (preferred gender), orang tua akan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk anak tersebut, sehingga menciptakan modal manusia yang lebih baik. Dalam penelitian ini, kami menyelidiki sejauh mana preferensi anak laki-laki mempengaruhi peluang kejadian stunting dan wasting antara anak laki-laki dan perempuan di Indonesia dengan menggunakan metode regresi logistik. Kami menemukan bahwa tidak ada pengaruh dari son preference terhadap kejadian stunting pada anak laki-laki maupun pada anak perempuan. Namun, kami menemukan bahwa Ibu dengan son preference secara signifikan meningkatkan peluang kejadian wasting pada anak laki-laki sebesar 1,562 kali dan menurunkan peluang kejadian wasting pada anak perempuan sebesar 0,80 kali. Analisis heterogenitas juga menunjukkan bahwa anak-anak perempuan dari latar belakang yang kurang berkecukupan, seperti mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan lahir dari ibu yang berpendidikan rendah, juga dipengaruhi oleh preferensi anak laki-laki.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:19
Last Modified: 07 Nov 2023 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32248

Actions (login required)

View Item
View Item