Pengembangan Kurikulum KKNI Berbasis Karakter dan Berwawasan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Muhammad Faisal, 2024087101 (2023) Pengembangan Kurikulum KKNI Berbasis Karakter dan Berwawasan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. In: Pengembangan Kurikulum KKNI Berbasis Karakter dan Berwawasan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Kurikulum KKNI Berbasis Karakter dan Berwawasan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri] Text (Pengembangan Kurikulum KKNI Berbasis Karakter dan Berwawasan Kebangsaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)
024 - 10x-LP M. Faisal 2022 Full_PKAPT - Tabrani ZA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan karakter berwawasan kebangsaan sangat penting dilakukan oleh perguruan tinggi dan stakeholders-nya untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Implementasi pendidikan karakter dan berwawasan kebangsaan di perguruan tinggi harus disesuaikan dengan visi dan misi perguruan tinggi tersebut dengan berbasis jurusan dan atau program studi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan model paradigma Naturalistik, sosial fenomenologis dan humanisme. Subjek dalam penelitian ini adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi, sedangkan data dianalisis secara berulang-ulang (cyclical) dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa; pertama, perlunya PT melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu. Kelemahan mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, antara lain yaitu bidang manajemen yang mencakup dimensi proses dan substansi. Kedua, UIN Sunan Kalijaga memberikan tiga matra penting dalam setiap tindakan edukatif dan campur tangan intensional bagi sebuah kemajuan pendidikan. Ketiga matra pendidikan karakter itu adalah individu, sosial, dan moral. Ketiga, pengembangan Kurikulum KKNI berbasis Karakter dan berwawasan kebangsaan pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diupayakan dengan mengasah potensi mahasiswa untuk menjadi agen yang berwawasan luas dan memiliki skill yang memang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan di masyarakat. Keempat, optimalisasi terhadap pembentukan karakter dan berwawasan kebangsaan pada UIN Sunan Kalijaga diselaraskan dengan kurikulum yang diterapkan pada perguruan tinggi yaitu kurikulum yang mengacu kepada KKNI.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:19
Last Modified: 07 Nov 2023 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32250

Actions (login required)

View Item
View Item