Peran Pengajian Rutin Mingguan dan Manfaatnya dalam Pemahaman Keagamaan Bagi Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar

M. Yusuf, 2015027202 (2023) Peran Pengajian Rutin Mingguan dan Manfaatnya dalam Pemahaman Keagamaan Bagi Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar. In: Peran Pengajian Rutin Mingguan dan Manfaatnya dalam Pemahaman Keagamaan Bagi Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Pengajian Rutin Mingguan dan Manfaatnya dalam Pemahaman Keagamaan Bagi Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar] Text (Peran Pengajian Rutin Mingguan dan Manfaatnya dalam Pemahaman Keagamaan Bagi Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar)
30 - 8x - LAPORAN LENGKAP YUSUF 2022 - M. Yusuf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengajian merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat dipahami sebagai suatu proses pentransferan ilmu dalam bidang keagamaan baik itu di bidang aqidah, fiqh, tauhid dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mengingat pemahaman kegaaman sangat penting bagi manusia dalam kehidupan maka sehurusnya dengan adanya pengajian rutin yang dilakukan diharapkan mampu untuk memberikan manfaat tentang ajaran Islam bagi masyarakat yang mengikutinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proseses pengajian itu dilaksanakan, serta manfaat dari pada pengajian tersebut terhadap pemahaman keagamaan bagi jama’ahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, lokasi penelitian di Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar dan yang menjadi subjek penelitian adalah jamaah pengajian. Dari hasil penelitian temukan bahwa proses pelaksanaan pengajian sekali dalam seminggu dengan waktu pelaksanaan pukul 14.00-16.00 WIB atau setelah shalat duhur samapai dengan shalat ashar, tempat pelaksanaanya di balai pengajian dan meunasah gampong, materi yang di bahas berkaitan erat dengan ajaran Islam. Manfaat yang dirasakan oleh para jamaahnya adalah bertambahnya ilmu pengetahuan tentang ajaran Islam dari yang sebelumnya tidak mengatahui menjadi mengetahui dan mengerti tentang ajaran Islam terutama yang berkaitan erat dengan kegiatan ibadah, manfaat yang lain dengan adanya pengajian ini adalah terjadi komunikasi dan interaksi sosial antar jamaah pengajian.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:14
Last Modified: 16 Oct 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32256

Actions (login required)

View Item
View Item