Model Pengelolaan Anggaran Belanja Aceh Bidang Kesehatan (Analisis Pendekatan Maqasid Syariah)

Ayumiati, 2015067802 (2023) Model Pengelolaan Anggaran Belanja Aceh Bidang Kesehatan (Analisis Pendekatan Maqasid Syariah). In: Model Pengelolaan Anggaran Belanja Aceh Bidang Kesehatan (Analisis Pendekatan Maqasid Syariah). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Pengelolaan Anggaran Belanja Aceh Bidang Kesehatan (Analisis Pendekatan Maqasid Syariah)] Text (Model Pengelolaan Anggaran Belanja Aceh Bidang Kesehatan (Analisis Pendekatan Maqasid Syariah))
34 - 8x - Penelitian 2022 Final ok.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Aceh merupakan daerah yang menerapkan syariat Islam dan otonomi khusus dengan prinsip untuk mensejahterakan rakyat, sehingga dalam mengelola anggaran pendidiksn dapat menyesuaikan dengan konsep islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyusunan anggan bidang kesehatan, model penyusunan anggaran dan alokasi anggaran belanja bidang pedidikan, dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan anggaran pada tiga kabupaten yaitu Aceh Jaya, Bener Meriah dan Aceh Jaya sudah menyesuaikan dengan peraturan undang-undang, peraturan gubernur dan peraturan bupati. Dalam penyusunan anggaran melihat lima indikator dalam maqasid syariah dan alokasi belanja daerah pada tiap kabupaten bervariasi tidak sama sehingga ada perbedaan perioritas dalam penganggaran. Untuk Aceh Jaya hanya fokus pada jiwa, harta, keturunan, agama, kabupaten Bener Meriah fokus anggaran pada penjagaan jiwa,harta, akal, keturunan, sedangkan agama tidak ada anggaran yang di perioritaskan. untuk Sabang Penjagaan jiwa, harta, agama, akal dan keturunan.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:14
Last Modified: 16 Oct 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32258

Actions (login required)

View Item
View Item