Sinergitas Stakeholder Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid di Kota Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19

Khairul Habibi, 2025119101 (2023) Sinergitas Stakeholder Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid di Kota Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19. In: Sinergitas Stakeholder Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid di Kota Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sinergitas Stakeholder Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid di Kota Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19] Text (Sinergitas Stakeholder Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid di Kota Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19)
37 - 6x - Laporan Akhir PPIKPM Tahun 2022 - Khairul Habibi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Sinergitas Stakeholder Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid di Kota Banda Aceh di Masa Pandemi Covid-19, banyak masjid melaksanakan kegiatan zakat, infaq, sedekah, wakaf, hibah, dan dana filantropi sebagainya. Selama pandemi Covid-19 ini juga sangat diharapkan adanya sinergitas stakeholder pemerintah lebih peduli terhadap pemberdayaan ekonomi masjid berbasis masjid melalui usaha-usaha. hal mengingat bahwa selama pandemi covid berlangsung banyak usaha masyarakat terbengkalai dan bahkan menambah pengangguran. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan upaya dalam membangun sinergitas stakeholder terhadap pemberdayaan ekonomi ummat di Kota Banda Aceh, Untuk mengetahui Sinergitas Stakeholder terhadap pemberda-yaan ekonomi ummat berbasis masjid di aceh di masa pandemi Covid-19, Untuk menganalisa dampak dari sinergitas stakeholder terhadap pemberdayaan ekonomi ummat berbasis masjid di Kota Banda Aceh di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian Upaya dalam membangun sinergitas stakeholder terhadap pemberdayaan ekonomi ummat di Kota Banda Aceh mendukung bantuan melalui baitul Mal, penyera han dana zakat, pembinaan para muallaf, membuka unit usaha mandiri. Sinergitas Stakeholder terhadap pemberdayaan ekonomi ummat berbasis masjid di aceh di masa pandemi Covid-19 membuat pelatihan kepada pengurus BKM tentang manajemen masjid dan tata Kelola masjid secara daring saja. Sinergitas yang dapat dibangun oleh beberapa stakeholder berkerja sama dengan Yayasan Bank Rakyat, waqaf 1000 meskipun belum berjalan maksimal, Baitul Mal wa’ Tamwil, menghadirkan unit-unit pembiayaan ekonomi mikro. Dampak dari sinergitas stakeholder terhadap pemberdayaan ekonomi ummat berbasis masjid di Kota Banda Aceh di masa pandemi Covid-19 memberikan bantuan dan mendistribusi kan zakat, infaq dan sadaqah melalui masjid membantu kerjasama dengan berbagai lembaga keuangan, namun pengawasan dari pengelolaan masjidnya belum maksimal.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:16
Last Modified: 07 Nov 2023 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32262

Actions (login required)

View Item
View Item