Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di MTs Muallimin Univa Medan

Rita Zahara, 190206017 (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di MTs Muallimin Univa Medan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di MTs Muallimin Univa Medan] Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di MTs Muallimin Univa Medan)
Rita Zahara, 190206017, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan seorang pemimpin yang berperan penting pada sebuah lembaga pendidikan. Dalam rangka menjalankan tugas nya sebagai seorang pemimpin, harus didukung dengan tenaga-tenaga lainnya agar mencapai tujuan bersama. Kepala madrasah dalam melaksanakan pengembangan profesionalisme guru melakukannya dengan baik. Setiap pengembangan profesional yang di berikan kepala madrasah selalu mendapat respon yang baik dari guru MTs Muallimin, serta menerimanya dengan penuh semangat. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Muallimin Univa Medan, (2) untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Muallimin Univa medan, (3) untuk mengetahui hambatan dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTs Muallimin Univa Medan. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah MTs Muallimin Univa Medan memiliki dua gaya yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan kharismatik. Strategi yang digunakan kepala madrasah adalah melaksanakan program MGMP, memberikan arahan kepada guru untuk mengikuti seminar, workshop, pelatihan, supervisi akademik guru, serta membuat karya seni guru. Hambatan dalam pengembangan profesionalisme guru yaitu hambatan dalam diri individu guru sendiri yakni membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam proses pengembangan profesioanlisme guru bagi guru senior.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rita Zahara
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:42
Last Modified: 11 Sep 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32269

Actions (login required)

View Item
View Item