Pemanfaatan Kulit Singkong (Manihot esculenta) Sebagai Biokoagulan Dalam Menurunkan Parameter COD Dan TSS Dari Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH)

A’yuna Yasrah, 180702130 (2022) Pemanfaatan Kulit Singkong (Manihot esculenta) Sebagai Biokoagulan Dalam Menurunkan Parameter COD Dan TSS Dari Limbah Cair Rumah Potong Hewan (RPH). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Limbah Cair RPH, Bikoagulan, Kulit Singkong, Koagulasi - Flokulasi, Dosis Optimum] Text (Limbah Cair RPH, Bikoagulan, Kulit Singkong, Koagulasi - Flokulasi, Dosis Optimum)
A’yuna Yasrah, 180702130, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Limbah cair Rumah Potong Hewan (RPH) mengandung bahan organik yang tinggi sehingga, jika dibuang langsung bisa menjadi pencemaran lingkungan. Salah satu teknik pengolahan air limbah adalah metode koagulasi-flokulasi. Pada penelitian ini bahan koagulan alami yang digunakan berasal dari limbah yang tidak dimanfaatkan lagi, yaitu kulit singkong. Kulit singkong memiliki berbagai macam kandungan zat kimia yang dapat membantu proses pengolahan air dalam koagulasi-flokulasi seperti senyawa protein. Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui efektivitas dan dosis optimum biokoagulan kulit singkong dalam penyisihan parameter pH, COD, TSS, dan kekeruhan pada limbah cair RPH dengan variasi dosis koagulan yang digunakan adalah 0; 1,5; 3; 4,5; dan 6 (g/L) dengan kecepatan pengadukan cepat 120 rpm selama 2 menit, dan kecepatan pengadukan lambat 30 rpm selama 30 menit, serta waktu pengendapan 60 menit. Berdasarkan hasil penelitian parameter pH masih berada pada kadar pH netral (6-9) dan masih memenuhi syarat baku mutu limbah RPH, penurunan kadar COD paling optimum terjadi pada konsentrasi 6 g/L sebesar 373 mg/L dengan persentase penurunan 71%, sedangkan penurunan kadar TSS paling optimum terjadi pada konsentrasi 3 g/L sebesar 230 mg/L dengan persentase penurunan 50%, dan penurunan kadar kekeruhan paling optimum berada pada konsentrasi 4,5 g/L sebesar 127 mg/L dengan persentase penurunan 67%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa biokoagulan dari kulit singkong efektif dalam menurunkan parameter COD,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: A'yuna Yasrah Yasrah
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:42
Last Modified: 11 Sep 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32270

Actions (login required)

View Item
View Item