Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Tingkat SMA/MA

Tialja Mirayantika, 190204004 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Tialja Mirayantika, 190204004, FTK, PFS, 082277825274.pdf] Text
Tialja Mirayantika, 190204004, FTK, PFS, 082277825274.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penggunaan media Pembelajaran yang tepat dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, fakta dilapangan menunjukkan kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan biasanya hanya berupa bahan bacaan, lembar kerja peserta didik, dan soal-soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendesain video pembelajaran animasi berbasis powtoon, (2) Menilai kelayakan video pembelajaran animasi berbasis powtoon, dan (3) Menilai kepraktisan video pembelajaran animasi berbasis powtoon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli media, dan ahli materi dan lembar angket kepraktisan pengguna. Adapun desain video pembelajaran animasi berbasis powtoon dilakukan mengguankan model Alessi dan Trollip dengan tiga tahapan yaitu perencanaan (planning) tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh nilai 96,5%, sedangkan untuk hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 86,6% dan untuk kepraktisan pengguna mendapatkan nilai 93% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat di silmpulkan bahwa video pembelajaran animasi berbasis powtoon tingkat SMA/MA sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Tialja Mirayantika
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:48
Last Modified: 11 Sep 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32271

Actions (login required)

View Item
View Item