Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan Membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh

Nanda Sari, 170209058 (2023) Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan Membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh. Diploma thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan Membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh] Text (Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan Membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh)
Nanda Sari, 170209058, FTK, PGMI, 082340204659 .pdf

Download (7MB)

Abstract

Membaca awal merupakan tahap yang sangat dasar sebelum seseorang dapat membaca. Dalam membaca permulaan seseorang dapat belajar membaca mulai dari mengenal huruf, mengeja huruf menjadi suku kata, dilanjut dengan kata sampai kalimat. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat peserta didik yang belum bisa memahami huruf abjad, kesulitan dalam merangkai huruf menjadi sebuah kata, kesulitan membedakan beberapa huruf. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah, apakah ada pengaruh antara penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh? Adapun tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan pada materi Benda hidup dan tak hidup di kelas I MIN 2 Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes, teknik analisis data menggunakan statistic uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai post-test lebih tinggi sebesar 113,4 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai post-test sebesar 92,52. Hasil perhitungan dari uji-t yaitu yaitu, untuk taraf
signifikan dengan demikian Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I MIN 2 Banda Aceh pada materi Benda Hidup dan Tak Hidup, Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 1 pembelajaran 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nanda Sari Nanda
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:13
Last Modified: 11 Sep 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32275

Actions (login required)

View Item
View Item