Penerapan Model Mind Mapping dan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik MI Kelas III MIN 25 Aceh Besar

Ahlun Nadhar, 170209055 (2023) Penerapan Model Mind Mapping dan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik MI Kelas III MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Mind Mapping dan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik MI Kelas III MIN 25 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Mind Mapping dan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Tematik MI Kelas III MIN 25 Aceh Besar)
Ahlun Nadhar, 170209055, FTK, PGMI, 085211372230.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan pada pembelajaran tematik kelas III MIN 25 Aceh Besar, selama ini guru umumnya menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan masih sangat jarang menggunakan media animasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa serta bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping dan media animasi pada pembelajaran tematik kelas III. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek dari penelitian ini adalah 28 siswa kelas III Unggul MIN 25 Aceh Besar. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal test. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan aktivitas guru disiklus I sebesar 78,12% dan meningkat disiklus II sebesar 89,58%, pada aktivitas siswa disiklus I sebesar 72,91% dan meningkat disiklus 87,50%. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 67,85% dan meningkat disiklus II sebesar 89,28%. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, maka penerapan model mind mapping dan media animasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping, Media Animasi, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahlun Nadhar
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:14
Last Modified: 11 Sep 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32276

Actions (login required)

View Item
View Item