Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Kosakata Di MIN 1 Banda Aceh (Studi Eksperimen)

Shela Ratna Dewi, 180202093 (2023) Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Kosakata Di MIN 1 Banda Aceh (Studi Eksperimen). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Kosakata Di MIN 1 Banda Aceh (Studi Eksperimen)] Text (Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Kosakata Di MIN 1 Banda Aceh (Studi Eksperimen))
Shela Ratna Dewi, 180202093, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian, menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mengetahui mufradat bahasa Arab dan maknanya serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya bahasa Arab di MIN 1 Banda Aceh. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk membantu siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran, dan mencoba menerapkan media realia sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mufradat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Media Realia dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam kosakata. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan One Group Pre-test Post-test Design. Peneliti menyajikan Pre-test, Post-test sebagai alat penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 1 Banda Aceh, dan peneliti menjadikan kelas 5 sebagai sampel yang berjumlah 41 siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang buktinya dapat dilihat dengan hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat signifikasi (Asymp.sig.2-Tailed) (0,000<0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Shela Ratna Dewi
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:23
Last Modified: 11 Sep 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32277

Actions (login required)

View Item
View Item