Respon Organisasi Pemuda Pancasila Terhadap Cyberbullying Di Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Citra

Teuku Muhammad Isra, 170401126 (2023) Respon Organisasi Pemuda Pancasila Terhadap Cyberbullying Di Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Citra. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Cyberbullying, Organisasi Pemuda Pancasila, Citra] Text (Cyberbullying, Organisasi Pemuda Pancasila, Citra)
Teuku Muhammad Isra, 170401126, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Cyberbullying saat ini marak dilakukan oleh netizen kepada salah satu organisasi masyarakat di Indonesia, berbagai ujaran negatif bermunculan dari masyarakat disebabkan oleh tindakan negatif dari sebagian anggota Organisasi Pemuda Pancasila yang tersebar luas di media sosial. Pemuda Pancasila merupakan salah satu organisasi masyarakat nasional di Indonesia yang berkembang sejak 1965. Pemuda Pancasila tersebar di berbagai daerah dengan mencapai visi dan misi dapat terlaksana secara menyeluruh. Dampak dari cyberbullying sendiri memberikan pandangan buruk dari masyarakat terhadap Pemuda Pancasila, pandangan buruk yang disebabkan tindakan-tindakan negatif yang tersebar di media sosial sehingga lahirnya citra negatif. Pemuda Pancasila memiliki upaya tersendiri untuk mengubah pandangan masyarakat melalui berbagai cara yang positif untuk memperbaiki paradigma dari masyarakat. Penelitian ini berjudul “Respon Organisasi Pemuda Pancasila Terhadap Cyberbullying di Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Citra”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana respon Organisasi Pemuda Pancasila terhadap cyberbullying di media sosial serta untuk mengetahui upaya Organisasi Pemuda Pancasila dalam peningkatan citra. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respon). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan respon organisasi Pemuda Pancasila memberikan tanggapan yang baik dan terbuka dengan beragam tanggapan terkait cyberbullying di media sosial. Adapun upaya peningkatan citra yang dilakukan berupa memanfaatkan media sosial sebagai sarana berbagi informasi dan melakukan kegiatan dan aksi sosial yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Arts, Film, Video (Fotografi, Seni komputer, Film, Video)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Teuku Muhammad Isra Isra
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:59
Last Modified: 11 Sep 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32278

Actions (login required)

View Item
View Item