Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar.

Cut Linda Tryana, 170209008 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar.] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 25 Aceh Besar.)
Cut Linda Tryana, 170209008, FTK, PGMI, 082218535298.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V-A MIN 25 Aceh Besar, terdapat beberapa permasalahan pada proses pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang aktif dan hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal tersebut disebabkan karena model yang diterapkan masih kurang efektif, sehingga banyak siswa yang kurang memahami materi pelajaran. Dengan demikian salah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN 25 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar tes. Analisis yang diperlukan yaitu analisis hasil pengamatan aktivitas guru, siswa dan analisis hasil tes. Perolehan hasil aktivitas guru pada siklus I 58,65% kategori Kurang dan siklus II 85,23% kategori baik. Perolehan hasil aktivitas siswa pada siklus I 57,69% kategori kurang dan pada siklus II 85.95% kategori baik. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 68% dikategorikan baik, sedangkan hasil belajar pada siklus II memperoleh 88% tergolong kategori baik sekali dimana pada siklus II ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Linda Tryana
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:14
Last Modified: 11 Sep 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32279

Actions (login required)

View Item
View Item