Minat Siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran PAI Di SD Islam Qur’ani Banda Aceh

Amna Yusra, 160201170 (2023) Minat Siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran PAI Di SD Islam Qur’ani Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Minat Siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran PAI Di SD Islam Qur’ani Banda Aceh] Text (Minat Siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran PAI Di SD Islam Qur’ani Banda Aceh)
Amna Yusra, 160201170, FTK, PAI, 082372469139.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam ialah salah satu mata pelajaran wajib diikuti setiap siswa di sekolah, setiap siswa memiliki minat yang berbeda-beda terhadap mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Qu’ani Banda Aceh dan Untuk mengetahui sejauh mana siswa memanfaatan waktu luang dalam belajar mata pelajaran PAI di SD Islam Qur’ani Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Sumber data primer adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas V dan siswa SD Islam Qu’ani Banda Aceh, sedangkan sumber data sekunder diperoleh berupa dokumentasi dalam waktu yang telah ditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar PAI siswa terdiri dari aspek: Pertama, perhatian siswa terhadap mata pelajaran PAI menunjukkan penuh perhatian. Kedua, memanfaatkan waktu luang belajar siswa dengan biasa saja untuk belajar PAI. Ketiga, partisipasi siswa dalam kegiatan belajar dan ekstrakulikuler rohis mempunyai respon positif dan antusias. Dengan demikian minat belajar siswa tersebut baik terhadap mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amna Yusra
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:56
Last Modified: 11 Sep 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32282

Actions (login required)

View Item
View Item