Upaya Guru Dalam Mengenalkan Adab Sopan Santun Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar

Menia Sakti, 170210049 (2023) Upaya Guru Dalam Mengenalkan Adab Sopan Santun Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Dalam Mengenalkan Adab Sopan Santun Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar] Text (Upaya Guru Dalam Mengenalkan Adab Sopan Santun Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK IT Hafizul Ilmi Aceh Besar)
Menia Sakti, 170210049, FTK, PIAUD, 082364602924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Seorang guru memiliki peran penting dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran sopan santun anak. Berdasarkan permasalahan yang terdapat di sekolah TK IT Hafizul Ilmi Desa Blangkrueng, dari hasil wawancara awal dengan guru di sekolah TK IT Hafizul Ilmi terdapat 4 orang anak yang masih kurang menerapkan sikap adab sopan santun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengenalkan adab sopan santun anak dan kendala guru dalam mengenalkan adab sopan santun tersebut terhadap anak usia dini di TK IT Hafizul Ilmi Desa Blangkrueng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sampel yang diambil dalam penelitian ini berupa 4 orang siswa dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengenalkan adab sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Hafizul Ilmi Desa Blangkrueng mulai menerapkan beberapa bentuk pengenalan diantaranya seperti menjadi model/teladan, memberikan nasehat, pembiasaan, pujian serta metode bercerita. Adapun upaya guru dalam mengenalkan adab sopan santun ini melalui pembelajaran kelas, pertemuan orangtua, serta pembiasaan pada saat pertemuan dengan guru. Sedangkan kendalah yang ditemui guru terdapat dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Menia Sakti
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:02
Last Modified: 11 Sep 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32283

Actions (login required)

View Item
View Item