Uji Antagonis Trichoderma Harzianum Terhadap Phytaphora Palmivora Pada Buah Kakao Sebagai Penunjang Mata Kuliah Mikologi

Virda Afrina, 170207089 (2023) Uji Antagonis Trichoderma Harzianum Terhadap Phytaphora Palmivora Pada Buah Kakao Sebagai Penunjang Mata Kuliah Mikologi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Uji Antagonis Trichoderma Harzianum Terhadap Phytaphora Palmivora Pada Buah Kakao Sebagai Penunjang Mata Kuliah Mikologi] Text (Uji Antagonis Trichoderma Harzianum Terhadap Phytaphora Palmivora Pada Buah Kakao Sebagai Penunjang Mata Kuliah Mikologi)
PDF SKRIPSI BETOL FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kakao ( Theobroma cacao) merupakan jenis tanaman perkebunan penting yang termasuk dalam famili Stercukiacea. penyakit buah kakao hingga saat ini masih sulit dikendalikan, salah satunya ada Phytaphora palmivora yang merupakan patogen penyebab busuk buah.Tanaman kakao membutuhkan pencegahan agen hayati yang ramah lingkungan salah satunya adalah jamur Trichoderma harzianum. Tichoderma harzianum suatu jamur dapat menjadi agen biokontrol karena sifatnya antagonis bagi jamur lainnya. Penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana kemampuan jamur Trichoderma harzianum dalam menghambat jamur pembusuk buah kakao. Kemudian bagaimana uji kelayakan serta Respon mahasiswa terhadap produk hasil penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan jamur Trichoderma harzianum dalam menghambat pertumbuhan jamur pembusuk buah kakao, serta mengkaji hasil kelayakan dan respon terhadap produk penelitian. Penelitain dilaksanakan di laboratorium mikrobiologi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan metode RAL dengan 3 pengulangan. Hasil Penelitain menunjukkan bahwa jamur Trichoderma harzianum mampu menghambat jamur pembusuk buah kakao tertinggi terdapat pada pengulangan ke 2 dengan persentase 37,40%. Penelitain ini menghasilkan output berupa Buku Ajar yang akan di uji kelayakan oleh 1 validator media dan 1 validator materi dengan hasil 81% kategori Sangat Layak, serta pengambilan respon mahasiswa terhadap buku ajar menghasilan 81% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Virda Afrina Virda
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:21
Last Modified: 12 Sep 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32284

Actions (login required)

View Item
View Item