Analisis Yuridis Tentang Perubahan Dokumen Akta Kelahiran Yang Disebabkan Kesalahan Dalam Pencatatan Nama Anak (Studi Putusan Nomor 96/Pdt.P/2021/PN.Bna)

Mohd Nawal Musqie, 160106006 (2023) Analisis Yuridis Tentang Perubahan Dokumen Akta Kelahiran Yang Disebabkan Kesalahan Dalam Pencatatan Nama Anak (Studi Putusan Nomor 96/Pdt.P/2021/PN.Bna). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Yuridis Tentang Perubahan Dokumen Akta Kelahiran Yang Disebabkan Kesalahan Dalam Pencatatan Nama Anak (Studi Putusan Nomor 96/Pdt.P/2021/PN.Bna)] Text (Analisis Yuridis Tentang Perubahan Dokumen Akta Kelahiran Yang Disebabkan Kesalahan Dalam Pencatatan Nama Anak (Studi Putusan Nomor 96/Pdt.P/2021/PN.Bna))
Mohd Nawal Musqie, 160106006, FSH, IH, 082298062913.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perubahan nama merupakan salah satu dari berbagai peristiwa penting yang wajib dicatatakan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, hal ini diatur dalam Pasal 1 angka 17 Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Banyak orang tua ingin merubahah nama anaknya dikarenakan terjadinya kesalahan dalam pencatatan nama anaknya. Seperti yang terdapat pada putusan nomor 96/Pdt.P/2021/PN.Bna di Pengadilan Negeri Banda Aceh. Alasan perubahannya dikerenakan untuk perbaikan penulisan nama anak yang tertulis pada kutipan akta kelahiran karena penyingkatan huruf M lain pemaknaan dengan yang diharapkan oleh pemohon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hukum oleh hakim dalam menetapkan perubahan pada akta kelahiran, dan untuk mengetahui akibat hukum setelah adanya penetapan pada akta kelahiran, serta untuk mengetahui analisis isi putusan pengadilan nomor 96/Pdt.P/2021/PN.Bna berkaitan tentang permohonan perubahan akta kelahiran karena kesalahan dalam penulisan nama anak. Metode penelitian yang dingunakan adalah metode yuridis/empiris yaitu penggabungan atau pendekatan yuridis normatif dengan unsur-unsur empiris yang diambil dari data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder yang bersifat kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa dalam pertimbanga hukum, hakim menggunakan Pasal 52 Undang-Undang Administrasi Kependudukan untuk mengabulkan permohonan yang terdapat dalam putusan nomor 96/Pdt.p/2021/PN.Bna. Akibat hukum atas penggantian nama anak terhadap legalitas status hukum anak antara lain adalah terhadap perubahan beberapa bukti otentik, seperti akta kelahiran anak berikut terhadap nama di dalam kartu keluarga (KK) yang bersangkutan Perubahan nama dilaksanakan berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri Banda Aceh. Bedasarkan hasil analisis peneliti Bahwasanya Pengadilan Negeri Banda Aceh dalam penetapannya telah mengabulkan semua permohonan yang diajukan oleh pemohon untuk merubah dokumen akta kelahiran anaknya di Dinas Kependudukan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Yuridis, Perubahan Dokumen, Akta Kelahiran, Nama
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mohd. Nawal Musqie
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:31
Last Modified: 11 Sep 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32293

Actions (login required)

View Item
View Item