Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Kota Banda Aceh

Lisna Chanza, 201223406 (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Kota Banda Aceh] Text (Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Kota Banda Aceh)
Lisna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya motivasi belajar membuat anak kurang bersemangat dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang kurang maksimal. Guru dan orang tua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Mengacu pada uraian tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul ”Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MIN 2 Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Memotivasi peserta didik dalam belajar selama Covid- 19, 2) Untuk mengetahui cara orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik ketika mendapat nilai tidak maksimal selama Covid- 19, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar anak. Dengan adanya motivasi peserta didik dalam belajar maka peserta didik akan mencapai tujuan yang diharapkan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode tematik analisis (Thematic Analysis) tipe interview guide. Sampel diambil secara acak (purposive sampling) yang menjadi responden adalah orang tua/ wali murid sebanyak dua belas orang dan wali kelas sebanyak enam orang. Tematik analisis adalah proses yang digunakan untuk menemukan pola yang responden tidak ketahui atau tidak sadari. Interview guide yaitu proses wawancara dimana peneliti ingin mengungkapkan kondisi psikologi subjek. Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk mengetahui pencapaian yang dicapai siswa selama belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan keluarga sangat berpengaruh dalam hasil belajar anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lisna Chanza Lisna
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:25
Last Modified: 11 Sep 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32294

Actions (login required)

View Item
View Item