Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Dengan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Monera Di MAN

Aflaiyah, 180207031 (2023) Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Dengan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Monera Di MAN. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Dengan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Pada Materi Monera Di MAN] Text (Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Dengan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Monera Di MAN)
SKRIPSI AFLAIYAH AKAN DICETAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tentang penggunaan model active knowledge sharing dengan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar pada materi monera di MAN 4 Aceh Selatan bertujuan untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui model active knowledge sharing dengan media roda putar pada materi monera di MAN 4 Aceh Selatan dan untuk menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaan model active knowledge sharing dengan media roda putar pada materi monera di MAN 4 Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain jenis one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA di MAN 4 Aceh Selatan, adapun sampel dalam penelitian ini kelas X IPA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data minat belajar peserta didik menggunakan lembar observasi, hasil belajar peserta didik menggunakan lembar soal tes dan respon peserta didik menggunakan lembar angket. Analisis data minat belajar dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis hasil belajar peserta didik menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase akhir minat belajar dari ketiga pertemuan diperoleh 64,4% dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 0,64 dengan kriteria sedang. Hasil uji-t diperoleh thitung (13,55 > 1,717) ttabel. Respon peserta didik terhadap penggunaan model dan media yang digunakan dalam penelitian dari ketiga pertemuan diperoleh 80,12% dengan kriteria tertarik. Disimpulkan bahwa penggunaan model active knowledge sharing dengan media roda putar dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aflaiyah Aflaiyah
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:43
Last Modified: 12 Sep 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32300

Actions (login required)

View Item
View Item