Identifikasi Jamur Patogen Pada Buah Kakao Sebagai Referensi Mikologi

Yunita Rahayu, 170207083 (2023) Identifikasi Jamur Patogen Pada Buah Kakao Sebagai Referensi Mikologi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Jamur Patogen Pada Buah Kakao Sebagai Referensi Mikologi] Text (Identifikasi Jamur Patogen Pada Buah Kakao Sebagai Referensi Mikologi)
SKRIPSI YUNITA RAHAYU 220-2023 03.32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kakao merupakan satu-satunya diantara 22 jenis marga Theobroma, suku Sterculiaceae yang diusahakan secara komersial. Kakao telah menjadi komoditas penting dalam perekonomian dan andalan sektor perkebunan di beberapa daerah di indonesia terutama di wilayah Sumatra yaitu Aceh penghasil kakao yang semakin lama semakin meningkat namun terdapat beberapa hambatan dalam pengembangan budidaya kakao terutama masalah hama dan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jamur patogen, karakteristik koloni dan sel jenis-jenis jamur patogen pada buah kakao (Theobroma cacao L), serta menguji hasil kelayakan terhadap output. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Teladan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri A-Raniry Banda Aceh, dari bulan November sampai Februari 2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak di dua kebun dimana dengan memilih sesuai dengan kriteria tertentu yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ditemukan 3 genus yaitu Phytophthora sp., Periconia sp., dan Botrytis sp, dengan karakteristik koloninya bentuk bulat dan tiipe mawar, warna putih, kuning, dan hitam, tekstur koloni kapas, memiliki zonasi dan garis radial, dan memiliki diameter, karakteristik selnya yaitu memiliki spora bulat dan bulat telur serta memiliki hifa asepta dana septa. Uji kelayakan output Buku Ajar diperoleh persentase nilai yaitu 82% dengan kriteria sangat layak dan direkomendasikan sebagai salah satu media yang dapat digunakan sebagai sumber referensi mata kuliah Mikologi. Kesimpulannya yaitu terdapat 3 genus dari 6 isolat dengan memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik itu koloni ataupun sel dan memiliki kategori sangat layak uji kelayakan output.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Rahayu Yunita
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:55
Last Modified: 12 Sep 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32302

Actions (login required)

View Item
View Item