Pola Relasi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAS Asaasun Najaah Aceh Besar

Nuranisah, 191003027 (2023) Pola Relasi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAS Asaasun Najaah Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Pola Relasi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAS Asaasun Najaah Aceh Besar] Text (Pola Relasi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAS Asaasun Najaah Aceh Besar)
Nuranisa, 191003027, Pascasarja PAI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pola relasi merupakan acuan atau patron yang biasa dilakukan oleh guru Akidah Akhlak sebagai bentuk dalam membangun hubungan guru dan siswa, cara komunikasi, bentuk interaktif dan hubungan emosional dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam tesis ini berangkat dari permasalah bagaimana pola relasi yang terjadi antara guru Akidah Akhlak dengan peserta didik MAS Asaasun Najaah Aceh Besar? Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pola relasi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Asaasun Najaah Aceh Besar? Bagaimana dampak pola relasi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Asaasun Najaah Aceh Besar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola relasi yang terjadi antara guru Akidah Akhlak dengan peserta didik, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pola relasi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan dampak pola relasi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun informan penelitian adalah kepala madrasah, guru Akidah Akhlak, siswa dan wali siswa. Tekhnik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan partisipan purposive sampling. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Subjeknya seluruh siswa dan guru dan sampelnya siswa kelas sebelas sebanyak delapan orang. Hasil penelitan ini diharapkan dapat terjalinnya hubungan guru dan siswa baik, cara komunikasi lemah lembut, bentuk interaksi satu arah, dua arah dan banyak arah. dan koneksi emosional penuh kasih sayang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nura Nisah
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:11
Last Modified: 11 Sep 2023 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32305

Actions (login required)

View Item
View Item