Strategi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Ladong Aceh Besar Dalam Mewujudkan Keberfungsian Sosial Kelompok Disabilitas

Muhammad Ikramullah, 190405075 (2023) Strategi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Ladong Aceh Besar Dalam Mewujudkan Keberfungsian Sosial Kelompok Disabilitas. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Ladong Aceh Besar Dalam Mewujudkan Keberfungsian Sosial Kelompok Disabilitas] Text (Strategi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) Ladong Aceh Besar Dalam Mewujudkan Keberfungsian Sosial Kelompok Disabilitas)
Aprove skripsi (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Umumnya orang menganggap Disabilitas sebagai suatu sudut pandang yang melemahkan dan kerap dengan kalimat stereotip (pelabelan), sebenarnya setiap manusia mempunyai potensi diri masing-masing, hadirnya UPTD RSBM Ladong Aceh Besar yang merupakan delegasi dari Dinas Sosial Provinsi Aceh untuk menangani 26 kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Aceh khususnya Disabilitas Netra, maka demikian penting adanya penelitian melihat Strategi UPTD RSBM Ladong Aceh Besar dalam mewujudkan keberfungsian sosial kelompok Disabilitas. Lokasi penelitian ini adalah Unit Pelakasanaan Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya (RSBM) bidang pelayanan Disabilitas Netra yang terletak di Desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. UPTD RSBM Ladong Aceh Besar merupakan unit yang bergerak di bidang pelayanan rehabilitasi Disabilitas Netra dan Tuna Sosial serta 26 kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial lainnya diruang lingkup Pemerintah Aceh. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Strategi UPTD RSBM Ladong Aceh Besar dalam mewujudkan keberfungsian sosial kelompok Disabilitas dan untuk mengetahui fungsi sosial Klien Disabilitas di UPTD RSBM Ladong Aceh Besar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi, pola, metode atau cara UPTD RSBM Ladong Aceh Besar dalam mewujudkan keberfungsian sosial kelompok disabilitas dengan menyediakan beberapa program pelayanan rehabilitasi yaitu program pelayanan pendidikan, pelayanan keterampilan (vokasional), pelayanan medis dan pelayanan sosial, guna untuk meningkatkan kualitas hidup dalam bermasyarakat. Fungsi Sosial Klien Disabilitas Netra terpenuhi dengan baik bahkan mereka siap untuk melanjutkan usaha kerja yang sudah terlatih dengan segenap potensi yang dimilikinya. Saran, untuk menuangkan potensi yang sudah dimiliki Klien Disabilitas Netra, UPTD RSBM Ladong Aceh Besar perlu adanya relasi dengan lembaga, instansi dan lapangan kerja lainnya untuk praktik kerja Klien Disabilitas Netra.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Ikramullah Ikram
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:33
Last Modified: 14 Sep 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32308

Actions (login required)

View Item
View Item