Pengembangan Aplikasi Prediksi Prestasi Akademik Dan Non Akademik Siswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: SMAN 1 Indrapuri)

Henita Apriadinata, 180212019 (2023) Pengembangan Aplikasi Prediksi Prestasi Akademik Dan Non Akademik Siswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: SMAN 1 Indrapuri). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi ini membahas tentang bagaimana memprediksi prestasi pada siswa menggunakan algoritma c4.5 dengan aplikasi berbasis website yang dirancang] Text (Skripsi ini membahas tentang bagaimana memprediksi prestasi pada siswa menggunakan algoritma c4.5 dengan aplikasi berbasis website yang dirancang)
Henita Apriadinata, 180212019, FTK, PTI, 082288826737.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Setiap siswa pasti memiliki bakat dan juga keahlian yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan pendidikan serta pelayanan yang berbeda pula. Peningkatan kualitas pendidikan harus mampu meningkatkan kinerja baik akademik ataupun non akademik dari berbagai macam jenis kompetisi secara resmi maupun tidak resmi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memprediksi prestasi akademik dan non akademik pada siswa menggunakan Algoritma C4.5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 1 Indrapuri sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dalam pengembangan web prediksi prestasi menggunakan Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 digunakan untuk membentuk decision tree berdasarkan atribut. Atribut yang digunakan yaitu jurusan, nilai rapor, status bekerja, motivasi, organisasi, fasilitas sekolah, dan prestasi. Pemodelan klasifikasi dengan Algoritma C4.5 berbasis website yang dirancang diperoleh akurasi sebesar 91,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Henita Apriadinata Nita
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:42
Last Modified: 18 Sep 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32316

Actions (login required)

View Item
View Item