Studi Perilaku Investor Dan Broker Dalam Pengambilan Keputusan Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Aceh)

Raja Aulia, 180602199 (2022) Studi Perilaku Investor Dan Broker Dalam Pengambilan Keputusan Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi pada Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Behavioral finance, Pengambilan Keputusan, Pasar Modal Syariah] Text (Behavioral finance, Pengambilan Keputusan, Pasar Modal Syariah)
Raja Aulia, 180602199, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Behavioral finance merupakan bagian ilmu yang mempelajari mengenai fenomena-fenomena psikologis yang mempengaruhi tingkah laku investor terhadap keputusan keuangannya. Penelitian ini mengkaji tentang studi perilaku investor dan broker dalam pengambilan keputusan berinvestasi di pasar modal syariah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku investor dan broker di pasar modal syariah ditinjau dengan teori behacioral finance dan perilaku investor dan broker dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal dengan prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 17 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) investor memahami dan menerapkan ilmu behavioral finance untuk mengontrol emosi mereka untuk tidak mudah terpengaruh oleh sentimen-sentimen yang akan mengganggu portofolio dan membantu dalam keputusan membeli, menjual dan menahan saham. (2) broker investasi membantu investor dalam memberikan informasi terbaru terkait saham dan memberikan arahan serta edukasi bagaimana memilih saham yang bagus untuk dinvestasi. (3) dalam mengambil keputusan investor melihat beberapa indikator yaitu dari dana yang akan digunakan untuk investasi, analisa yang digunakan baik fundamental dan teknikal, mengatur tingkat return dan risiko, aplikasi investasi yang mempermudah transaksi dan Sharia Online Trading System yang digunakan oleh sekuritas. (4) broker investasi memberikan edukasi dalam pengambilan keputusan seperti penggunaan aplikasi dan money management serta SOTS yang bebas dari riba, gharar, dan maysir

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Raja Aulia Aulia
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:04
Last Modified: 12 Sep 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32319

Actions (login required)

View Item
View Item