Penerapan Model Word Square Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 33 Banda Aceh

Maya Nurliza, 190209138 (2023) Penerapan Model Word Square Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 33 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Word Square Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 33 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Word Square Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 33 Banda Aceh)
Maya Nurliza, 190209138, FTK, PGMI, 081263258097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SDN 33 Banda Aceh ditemukan bahwa keaktifan peserta didik masih kurang, dimana pada saat kegiatan pembelajaran peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru, peserta didik tidak berani bertanya, mengeluarkan pendapat, maupun berkerja sama pada saat guru membagikan tugas kelompok sehingga hasil belajar peserta didik pun rendah. Hal itu disebakan guru belum menggunakan model dan media yang membuat peserta didik tertarik terhadap pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn dengan menerapkan Model Word Square Berbantuan Media Poster untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar. Jenis Penelitian ini adalah PTK yang meliputi empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket dan tes. Data ini dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian melalui penerapan model Model Word Square Berbantuan Media Poster untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada Pra-Siklus yaitu 45,31% lalu meningkat pada siklus I yaitu 76,13%, pada siklus II meningkat menjadi 88,63%, pada siklus III menjadi 100%. Aktivitas peserta didik pada Pra-Siklus yaitu 43,61% lalu meningkat pada siklus I yaitu 70,45%, pada siklus II meningkat menjadi 93,18%, pada siklus III menjadi 100%. Keaktifan belajar peserta didik pada Pra-Siklus yaitu 52,57% lalu meningkat pada siklus I yaitu 69,30%, pada siklus II meningkat menjadi 80,30%, pada siklus III menjadi 89,37%. Sedangkan hasil belajar pada Pra-Siklus yaitu 30,76% lalu meningkat pada siklus I yaitu 53,86%, pada siklus II meningkat menjadi 73,07%, pada siklus III menjadi 92,30%. Dapat disimpulkan bahwa Model Word Square Berbantuan Media Poster dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 33 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maya Nurliza
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:10
Last Modified: 12 Sep 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item
View Item