Pembuatan dan karakterisasi membran Kompleks polielektrolit (PEC) pektin- uretan (PU) dengan kombinasi antosianin dari kulit ubi jalar ungu (Ipomoea batas l)

Mella Mediana, 190704006 (2023) Pembuatan dan karakterisasi membran Kompleks polielektrolit (PEC) pektin- uretan (PU) dengan kombinasi antosianin dari kulit ubi jalar ungu (Ipomoea batas l). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membran polielektrolit antosianin dari kulit ubi jalar ungu pektin / uretan] Text (Membran polielektrolit antosianin dari kulit ubi jalar ungu pektin / uretan)
Mella Mediana, 190704006, FST, KIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Antosianin merupakan zat warna larut dalam air yang banyak ditemukan pada tanaman di bagian bunga, daun, buah, sayur dan umbi. Kulit ubi jalar ungu dapat dimanfaatkan sebagai pigmen alami yang berubah warna saat terkenan kondisi pH asam dan basa karena memiliki kandungan antosianin yang paling tinggi dibagian kulit ubi jalar ungu dari pada daging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan dan karakterisasi membran PEC berbasis pektin-uretan (PU) dengan penambahan antosianin dari kulit ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L). Pembuatan membran PEC uretan-pektin dan ekstrak antosianin dari kulit ubi jalar ungu berhasil dilakukan. Senyawa antosianin kulit ubi jalar ungu diekstraksi dengan metode maserasi selama 72 jam menggunakan pelarut metanol diperoleh totil rendemen ekstrak sebesar 30,225%. Hasil karakterisasi uji morfologi menggunakan SEM membran PEC dengan antosianin terdapat permukaan yang berbecak sedangkan membran PEC dengan antosianin, hal ini menandakan telah terikat senyawa antosianin pada membran. Uji swelling pada membran uretan-pektin tanpa antosianin mendapatkan nilai 211,18% daya serap air yang sangat banyak berbeda dengan adanya antosianin mendapatkan nilai 193,44% daya serap air yang lebih rendah. Sedangkan pada uji ketahanan bahan kimia membran PEC

uretan-pektin tanpa antosianin lebih stabil dibandingkan dengan membran PEC uretan- pektin yang ditambahkan antosianin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah memberikan informasi tentang efek antosianin terhadap sifat mekanik membran dapat membuka peluang baru dalam pengembangan material yang berpotensi untuk aplikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Mella Mediana
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:28
Last Modified: 12 Sep 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32342

Actions (login required)

View Item
View Item