Sistem Jaminan Keselamatan Pekerja PT.Yasiga Sarana Utama Semen Padang Grup dalam Perspektif Kafalah

Nana Zuhra, 140102131 (2023) Sistem Jaminan Keselamatan Pekerja PT.Yasiga Sarana Utama Semen Padang Grup dalam Perspektif Kafalah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Jaminan Keselamatan Pekerja PT.Yasiga Sarana Utama Semen Padang Grup dalam Perspektif Kafalah] Text (Sistem Jaminan Keselamatan Pekerja PT.Yasiga Sarana Utama Semen Padang Grup dalam Perspektif Kafalah)
Nana Zuhra, 140102131, FSH, HES, 082136015920.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Jaminan keselamatan pekerja merupakan tanggung jawab perusahaan yang sering diabaikan oleh perusahaan, salah satu penyebabnya adalah kurang optimalnya perusahaan dalam menyelenggarakan upaya jaminan keselamatan bagi karyawannya. PT. Semen Padang Malahayati merupakan perusahaan yang bergerak di bidang gudang pengemasan semen yang memiliki tingkat potensi resiko tinggi. Keselamatan kerja juga merupakan hak yang harus diperoleh setiap pekerja yang mana telah tercantum dalam Undang-undang No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaa. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana sistem jaminan keselamatan kerja yang diberikan oleh PT. Semen Padang Malahayati (2) Bagaimana tinjauan konsep kafalah terhadap sistem jaminan keselamatan pekerja PT. Semen Padang Malahayati. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem jaminan keselamatan pekerja PT. Semen Padang Malahayati. Dan untuk mengetahui tinjauan konsep kafalah terhadap sistem jaminan keselamatan pekerja PT. Semen Padang Malahayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Semen Padang Malahayati belum maksimal dalam memberikan jaminan keselamatan terhadap pekerja, yang mana perusahaan tidak menanggung resiko yang dihadapi pekerja yang bersifat non medis, hal ini dapat merugikan para pekerja. Adapun praktek jaminan yang diberikan oleh perusahaan, belum sesuai dengan konsep akad kafalah yaitu tentang jaminan atau tanggungan dan juga bertentangan dengan asas yang ada dalam akad yaitu al-‘adalah (keadilan).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jaminan, Keselamatan kerja, Kafalah
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nana Zuhra Nana
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:27
Last Modified: 12 Sep 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32345

Actions (login required)

View Item
View Item