Pembuatan dan Karakterisasi Membran kompleks Polielektrolit (PEC) Uretan-Pektin dengan Kombinasi Antosianin dari Beras Ketan Hitam (Oryza sativa var. glutinosa)

Nurrahmi Faradila, 190704007 (2023) Pembuatan dan Karakterisasi Membran kompleks Polielektrolit (PEC) Uretan-Pektin dengan Kombinasi Antosianin dari Beras Ketan Hitam (Oryza sativa var. glutinosa). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membran Kompleks polielektrolit (PEC), uretan, pektin, antosianin] Text (Membran Kompleks polielektrolit (PEC), uretan, pektin, antosianin)
Nurrahmi Faradila, 190704007, FST, KIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Beras ketan hitam merupakan salah satu tanaman yang menjadi sumber antosianin. Beras ketan hitam dapat dimanfaatkan sebagai pigmen alami yang berubah warna saat terkena kondisi pH asam atau basa karena memiliki kandungan antosianin yang tinggi pada kulit arinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan serta karakterisasi membran kompleks polielektrolit (PEC) uretan- pektin dengan kombinasi antosianin dari beras ketan hitam. Pembuatan membran kompleks polielektrolit (PEC) uretan-pektin dan ekstrak antosianin dari beras ketan hitam telah berhasil dilakukan. Senyawa antosianin dari beras ketan hitam diekstraksi dengan metode maserasi selama 72 jam menggunakan pelarut metanol dan diperoleh total rendemen ekstrak sebesar 29,94%. Pembuatan membran kompleks polielektrolit (PEC) uretan-pektin dengan kombinasi antosianin dilakukan dengan metode inversi fasa. Hasil dari karakterisasi uji morfologi menggunakan SEM didapat perbedaan pada tekstur permukaan membran yang berubah dari PEC uretan-pektin tanpa antosianin dan PEC uretan-pektin antosianin, hal ini kemungkinan terjadi karena interaksi membran dengan senyawa antosianin. Hasil karakterisasi uji ketahanan kimia (stabilitas kimia) membran PEC uretan- pektin tanpa antosianin lebih stabil dibandingkan membran PEC uretan-pektin

dengan penambahan antosianin. Sedangkan hasil daya serap air (uji swelling) pada membran PEC uretan-pektin dengan penambahan antosianin lebih rendah (164%) dibandingkan tanpa antosianin (211%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Nurrahmi Faradila
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:28
Last Modified: 12 Sep 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item
View Item