Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Kesejahteraan Masyarakat Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya)

Nova Abizal, 150604121 (2022) Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Kesejahteraan Masyarakat Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Kesejahteraan Masyrakat dan Pandemi Covid-19.] Text (Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Kesejahteraan Masyrakat dan Pandemi Covid-19.)
Nova Abizal, 150604121, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) diperuntukkan untuk masyarakat miskin di Kecamatan Tangan-Tangan. Namun pada kenyataannya di kecamatan Tangan-tangan pemberian bantuan PKH masih tidak tepat kepada masyarakat miskin saja, akan tetapi masyarakat tergolong mampupun atau sejahtera juga turut mendapatkan dana tersebut. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kesejahteraan masyarakat masa pandemi Covid-19 di Kecamatan (PKH), 2) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Tangan-Tangan, 3) untuk melihat kesejahteraan masyarakat dari efektivitas program PKH pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Tangan-tangan. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Program PKH di Kecamatan Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya sudah efektif, hal tersebut dikarenakan sudah ada pemahaman peserta PKH, sudah tepat waktu, sudah tepat sasaran, sesuai dengan tujuan dan sudah terlihat nyata dalam membantu perekonomian. 2) Adapun kendala yang dialami oleh pendamping PKH dalam menjalankan program PKH adalah berupa melakukan pendampingan peserta PKH ke pihak Bank untuk pembuatan buku tabungan. Selain kendala tersebut, pendamping PKH juga mengalami kendala berupa penjelasan kepada peserta PKH bahwa dana PKH tersalurkan bertahap atau tidak sekaligus. 3) Masyarakat penerima bantuan PKH sudah sejahtera, Hal itu dapat dilihat dari berkurangnya beban kemiskinan atau terbantunya perekonomian masyarakat atau penerima bantuan PKH melalui dana PKH.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nova Abizal Nova
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:28
Last Modified: 13 Sep 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32347

Actions (login required)

View Item
View Item