Model Pembinaan Moderasi Beragama Santri di Indonesia

Syabuddin Gade, 2002086803 (2023) Model Pembinaan Moderasi Beragama Santri di Indonesia. In: Model Pembinaan Moderasi Beragama Santri di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Pembinaan Moderasi Beragama Santri di Indonesia] Text (Model Pembinaan Moderasi Beragama Santri di Indonesia)
43 - 10x - Laporan Penelitian 2022 moderasi-Pesantren - Syabuddin Gade.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana perspektif guru tentang moderasi beragama dan model pembinaan moderasi beragama santri di Indonesia. Untuk itu, atas pertimbangan tertentu dipilih empat lokasi penelitian, yaitu; SPEAM Pasuruan, Jawa Timur, Ma’had Dalwa, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, Pondosk Pesantren at- Taqwa, Bekasi, Jawa Barat, dan Dayah Darul Abrar, Aceh Jaya. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan tiga prosedur pengumpulan data, yaitu; observasi, interview, dan telaah dokumen. Kemudian data dianalisis dengan cara triangulasi, editing, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini didapati tiga temuan penting: 1) Para guru (ustaz/ustazah) memiliki perspektif yang integral (intergrated perspective) mengenai “moderasi beragama”; 2) Model pembinaan moderasi beragama santri dilakukan secara integral (intergrated construction model); 2) Jika temuan pertama dan kedua disatukan, maka tidak berlebihan bila disebut bahwa pembinaan moderasi beragama santri di Indonesia sudah memiliki perspektif dan model pembinaan yang integral (intergrated perspective and construction model).

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:20
Last Modified: 07 Nov 2023 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32356

Actions (login required)

View Item
View Item