Pengetahuan Moderasi Beragama Guru Madrasah Aliyah Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar

Rafidhah Hanum, 2003078903 (2023) Pengetahuan Moderasi Beragama Guru Madrasah Aliyah Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar. In: Pengetahuan Moderasi Beragama Guru Madrasah Aliyah Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengetahuan Moderasi Beragama Guru Madrasah Aliyah Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar] Text (Pengetahuan Moderasi Beragama Guru Madrasah Aliyah Negeri Banda Aceh dan Aceh Besar)
47 - 8x - RAFIDHAH HANUM CETAK LAPORAN - Rafidhah Hanum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dinamika intoleran masih sangat tinggi terjadi di Indonesia. Dan lembaga pendidikan menjadi harapan bagi masyarakat bangsa untuk menanamkan moderasi beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi pengetahuan guru Madrasah Aliyah di Banda Aceh dan Aceh Besar tentang moderasi beragama juga untuk mengetahui implementasi moderasi beragama dalam proses belajar mengajar serta apa saja nilai-nilai moderasi beragama yang dibagun oleh guru di MAN Banda Aceh dan Aceh Besar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam rangka menggambarkan pengetahuan guru terhadap moderasi beragama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai moderasi beragama yang dibangun oleh guru di MAN Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sebagai berikut: a) adil (Adl) murid bebas dalam berteman dan diberikan kesempatan penuh dalam bermain bersama, b) seimbang (Tawazun) murid tidak saling menyinggung latar belakang kawannya yang berbeda, c) sederhana (I’tidal) murid dibekali dengan ilmu agama agar menjadi bekal pada jenjang lebih lanjut supaya tidak mudah dibawa arus berlebihan dalam beragama, d) kesatuan dan persaudaraan (Ittihad wa Ukhuah) murid saling peduli kepada murid yang lain.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:16
Last Modified: 16 Oct 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32360

Actions (login required)

View Item
View Item