Relevansi Antara Matakuliah Praktikum Dakwah Dengan Kemampuan Retorika Berdakwah Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah)

Nurkhalizazia, Putri (2023) Relevansi Antara Matakuliah Praktikum Dakwah Dengan Kemampuan Retorika Berdakwah Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang keterkaitan antara matakuliah praktikum dakwah dengan kemampuan beretorika dakwah pada mahasiswa] Text (Membahas tentang keterkaitan antara matakuliah praktikum dakwah dengan kemampuan beretorika dakwah pada mahasiswa)
Nurkhalizazia Putri, 190401023, FDK, KPI, 082272152202.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Praktikum Dakwah merupakan salah satu matakuliah yang diajarkan di program studi Manjemen Dakwah UIN ArRaniry Banda Aceh. Keberadaan matakuliah ini seharusnya bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk melatih kemampuan reotika berdakwahnya setelah mendapatkan bekal teori di masa perkuliahan. Namun ternyata mahasiswa Manajemen Dakwah Angkatan 2019 belum sepenuhnya mampu dan kurang terlihat eksestensinya dalam retorika berdakwah. Jika ditinjau kembali, padahal para mahasiswa tersebut sudah mempelajari mata kuliah paktikum dakwah tersebut di semester lima. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan retorika berdakwah yang dimiliki mahasiswa dan untuk menjawab persoalan terkait kendala apa saja yang mahasiswa hadapi saat menyelesaikan mata kuliah praktikum dakwah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, sebanyak 8 mahasiswa Manajemen Dakwah angkatan 2019, ditetapkan sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Manajemen Dakwah angkatan 2019 para mahasiswa tersebut memang memahami konsep retorika dalam berdakwah, namun belum sepenuhnya mampu dalam beretorika dakwah, hal ini disebabkan wadah untuk mereka berlatih dakwah sangat kurang. Keberadaan mata kuliah praktikm dakwah masih belum berperan sepenuhnya sebagai wadah untuk melatih kemampuan berdakwah karena terdapat kendala pada mata kuliah praktikum dakwah yakni, kegiatan yang pasif saat dilapangan serta situasi yang dilanda covid 19 membuat mahasiswa tidak memiliki sarana untuk melakukan praktikum di lapangan karena perkuliahan dialihkan ke basis online. Oleh karena itu, peneliti berharap kedepannya dengan keberadaan mata kuliah praktikum dakwah ini bisa berperan penting dalam memberikan sarana bagi mahasiswa untuk melakukan praktek teori di lapangan, sehingga bermanfaat terhadap kemampuan para mahasiswa dalam berdakwah khususnya dalam beretorika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurkhalizazia Putri
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:06
Last Modified: 13 Sep 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32364

Actions (login required)

View Item
View Item