Kesiapan Peserta Didik Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional Di SMA Negeri Kota Banda Aceh

Mulia Rahmatina, 160204020 (2023) Kesiapan Peserta Didik Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional Di SMA Negeri Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesiapan Peserta Didik Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional] Text (Kesiapan Peserta Didik Pada Pelaksanaan Asesmen Nasional)
Mulia Rahmatina, 160204020, FTK, PFS, 082312237231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menghapus ujian nasional dan menggantinya dengan asesmen nasional yang terdiri dari tiga bagian, yaitu asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar dan telah disosialisasikan keseluruh lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kesiapan peserta didik pada pelaksanaan Asesmen Nasional di SMA Negeri kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menghitung persentase jawaban angket. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada aspek Asesmen Kompetensi Minimum pilihan terbanyak kategori ragu-ragu dengan persentase 36,75%. Pilihan paling sedikit kategori sangat siap dengan persentase 5,88%. Pada aspek Survei Karakter pilihan terbanyak kategori siap dengan persentase 35,29%. Pilihan paling sedikit kategori tidak siap dengan persentase 2,86%. Pada aspek Survei Lingkungan Belajar pilihan paling banyak kategori siap, dengan persentase 37,49%. Pilihan paling sedikit kategori tidak siap dengan persentase 3,29%. Asesmen Nasional secara keseluruhan didapatkan hasil pilihan terbanyak kategori siap dengan persentase 30,80%. Pilihan paling sedikit kategori tidak siap dengan persentase 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik di SMA Negeri Kota Banda Aceh sudah siap mengikuti Asesmen Nasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
700 Arts and Recreation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mulia Rahmatina Mulia
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:07
Last Modified: 13 Sep 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32371

Actions (login required)

View Item
View Item