Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belanja Modal Di Provinsi Aceh

Zeki Musrizal, 150604171 (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belanja Modal Di Provinsi Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Belanja modal, Penerimaan pajak dan  Retribusi Daerah] Text (Belanja modal, Penerimaan pajak dan Retribusi Daerah)
Zeki Musrizal, 150604171, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Belanja modal merupakan belanja pemerintah daerah yang manfaatnya melebihi 1 tahun anggaran dan akan menambah aset atau kekayaan daerah dan selanjutnya akan menambah belanja yang bersifat rutin seperti pemeliharaan pada kelomok belanja operasional. Belanja modal dipengaruhi oleh penerimaan pajak, retribusi daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerimaan pajak dan retribusi daerah terhadap belanja modal di 20 Kab/Kota Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data sekunder yang bersumber dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementrian Keuangan RI. Berdasarkan hasil analisis penelitian dari uji chow dan uji hausmant didapatkan penelitian ini menggunakan fixed effect model. Dari uji t yang telah dilakukan bahwasanya variabel penerimaan pajak (X1) secara parsial mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap belanja modal (Y) sedangkan retribusi daerah (X2) secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap belanja modal (Y) di 20 Kab/Kota Provinsi Aceh. Adapun hasil analisis secara simultan (uji f) menunjukkan variabel penerimaan pajak dan retribusi daerah secara bersama-sama berpengaruh terhadap belanja modal di 20 Kab/Kota Provinsi Aceh dengan nilai signifikansi sebesar 0,0000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Zeki Musrizal Zeki
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:08
Last Modified: 13 Sep 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32372

Actions (login required)

View Item
View Item