Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Materi Hukum Newton Di SMA Negeri 1 Bakongan Timur

Fitri Yani, 180204056 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Materi Hukum Newton Di SMA Negeri 1 Bakongan Timur. Diploma thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Fitri Yani, 180204056, FTK, PFS, 085362727989.pdf] Text
Fitri Yani, 180204056, FTK, PFS, 085362727989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum ada guru yang menggunakan media pembelajaran berupa modul pada mata pelajaran fisika dan masih kurang dikaitkan materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Materi Hukum Newton Di SMA Negeri 1 Bakongan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain modul pembelajaran berbasis lingkungan pada materi hukum Newton dan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis lingkungan pada materi hukum Newton. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Development), tahap penerapan (Implementasi) dan tahap terakhir yaitu tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli materi pembelajaran dan media pembelajaran. (1) Desain modul pembelajaran berbasis lingkungan pada materi hukum newton didesain dengan menggunakan aplikasi Coreldraw 2020 dan dan dilengkapi materi hukum Newton yang berhubungan dengan lingkungan, peta kedudukan materi, contoh soal, LKPD, dan uji kompetensi. (2) Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli materi pembelajaran sebesar 94,7% dan dari validasi ahli media pembelajaran sebesar 90,6% sehingga diperoleh hasil persentase keseluruhan kelayakan pengembangan modul pembelajaran berbasis lingkungan 92,65% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis lingkungan pada materi hukum Newton di SMA/MA sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitri Yani
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:10
Last Modified: 13 Sep 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32373

Actions (login required)

View Item
View Item