Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Jasa Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh

Raudhatul Jannah, 140604023 (2020) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Jasa Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty] Text (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty)
Raudhatul Jannah, 140604023, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sektor kepuasan dan banyaknya rumah sakit yang terus meningkat di Banda Aceh sehingga membuat persaingan rumah sakit dalam memikat pelanggan menjadi lebih ketat. Rumah sakit meuraxa Banda Aceh adalah rumah sakit yang masih terbilang baru di Banda Aceh sehingga mereka harus mampu memberikan pelayanan terbaik mereka dan mampu memenuhi ekpektasi pelanggan agar datang ke rumah sakit mereka. Masalah pada penelitian ini adalah seberapa besar gap kenyataan dan harapan yang ditinjau dari segi kualitas pelayanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganilisa seberapa besar gap harapan dan kenyatan yang ditinjau dari segi kualitas pelayanan (Service Quality) yang meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty terhadap kepuasan pelanggan pada rumah sakit meuraxa Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode Servqual. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa adanya ketidaksesuaian antara harapan pelanggan dengan kenyataan pada pelayanan yang ada pada rumah sakit dimana terjadinya gap atau kenyataan lebih kecil daripada harapan pelanggan ,yaitu dari sisi Tangible sebesar -0,15, Reliability -0,15, Responsiveness -0,17, Assurance -0,29 dan Emphaty sebesar -0,26.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Radhatul Jannah Oja
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:07
Last Modified: 13 Sep 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32377

Actions (login required)

View Item
View Item