Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Min 39 Aceh Besar

Rafindra, 160209096 (2023) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Min 39 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Rafindra, 160209096, FTK, PGMI, 081247543819.pdf] Text
Rafindra, 160209096, FTK, PGMI, 081247543819.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar] Text (Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
Rafindra, 160209096, FTK, PGMI, 081247543819.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas V MIN 39 Aceh Besar bahwa masih banyak siswa bosan dan tidak memperhatikan guru pada saat pembelajaran berlangsung serta kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, meskipun pada dasarnya guru sudah mengetahui tentang model- model pembelajaran, namun guru belum menerapkan model yang bervariasi dan membuat siswa aktif serta ikut berperan langsung dalam sebuah materi yang di ajarkan oleh guru. Hal ini dapat dilihat ketika proses belajar mengajar, sehingga membuat siswa kurang aktif dan dalam pembelajaran dan membuat siswa kurang termotivasi, sehingga timbul pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi peserta didik. berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik dengan penerapan model role playing di kelas V MIN 39 Aceh Besar dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 39 Aceh Besar sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas Guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari skor yang diperoleh pada siklus I dengan nilai 71, 4% kategori Cukup Baik, sedangkan pada siklus II dengan nilai 95, 2% kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model role playing mengalami peningkatan, dengan nilai 63% kategori kurang baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II dengan nilai 94% kategori Sangat baik. Hasil belajar siswa kelas V MIN 39 Aceh Besar pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing meningkat. Dari hasil tes 70, 4% pada siklus I kategori cukup baik sedangkan pada siklus II nilainya meningkat menjadi 90, 4% kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
700 Arts and Recreation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rafindra Rafindra
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:29
Last Modified: 13 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32386

Actions (login required)

View Item
View Item