Strategi Komunikasi Baitul Mal Aceh Besar dalam Peningkatan Penerimaan Zakat (Studi Kasus Kecamatan Darussalam)

Zahrina, 410905657 (2016) Strategi Komunikasi Baitul Mal Aceh Besar dalam Peningkatan Penerimaan Zakat (Studi Kasus Kecamatan Darussalam). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Zakat)
ZAHRINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Baitul Mal Aceh Besar dalam Peningkatan Penerimaan Zakat (Studi Kasus Kecamatan Darussalam)”. Baitul Mal Aceh Besar merupakan lembaga pengelola zakat pada tingkat kabupaten/Kota yang dibentuk berdasarkan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2007 Tentang Baitul Mal. Sebagai lembaga pengelola zakat, Baitul Mal Aceh Besar mempunyai visi dan misi salah satunya mewujudkan kesadaran berzakat sebagai suatu kewajiban. Kesadaran berzakat masyarakat di Aceh Besar dapat berpengaruh pada peningkatan penerimaaan zakat. Apabila terjadi peningkatan penerimaan zakat, maka penyaluran zakat pun menjadi lancar sehingga tujuan dan ensensi dari zakat itu sendiri dapat tercapai. Dalam pencapaian visi dan misi tersebut diperlukan strategi komunikasi, sehingga efektif atau tidaknya strategi komunikasi yang dilakukan berpengaruh pada keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Baitul Mal Aceh Besar dalam meningkatkan penerimaan zakat termasuk media informasi dan komunikasi yang digunakan, serta keefektifan strategi komunikasi tersebut dan pengaruhnya terhadap peningkatan penerimaan zakat pada masyarakat kecamatan Darussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Baitul Mal Aceh Besar yaitu dengan menggunakan tiga model pengumpulan zakat seperti penyetoran langsung, penjemputan langsung, dan pemotongan langsung gaji PNS/pejabat/Karyawan, selain itu juga Penggunaan dan penyebaran Media cetak dan media massa, Sosialisasi langsung kepada Muzakki, Konsolidasi Amil Zakat, dan Pembekalan Baitul Mal Gampong. Komunikasi melalui media massa yang dilakukan oleh Baitul Mal belum efektif, disebabkan keterbatasan SDM (sumber Daya Manusia). Meningkatnya pembayaran zakat pada masyarakat dapat dilihat dari tiga faktor yaitu karena adanya penyebaran dan penggunaan media, peningkatan kesadaran masyarakat, dan peningkatan ekonomi masyarakat. Dalam penyebaran media, di kecamatan Darussalam belum sampai sepenuhnya, sedangkan kesadaran masyarakat kecamatan Darussalam dalam membayar zakat sangat tinggi, namun tetap harus didukung oleh peningkatan ekonomi masyarakat yang dalam hal ini belum adanya zakat Produktif oleh Baitul Mal Aceh Besar, dan belum aktifnya bidang pengawasan dan pembinaan dari Baitul Mal Aceh besar juga menghambat perpanjangan tangan antara masyarakat (Baitul Mal gampong) dengan Baitul Mal Aceh Besar) sehingga dari hal-hal tersebut menyebabkan pemahaman masyarakat terhadap Baitul Mal Aceh Besar hanya sebatas penyalur zakat dan belum sampai pada transparansi pengelolaan zakat oleh lembaga resmi pemerintah kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jasafat, M.A; 2. Taufik, SE, Ak., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Baitul Mal Aceh Besar, Zakat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zahrina Pasha
Date Deposited: 03 May 2018 08:32
Last Modified: 03 May 2018 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item
TOP