Evaluasi Jalur Pedestrian Pada Area Gedung Pusat Bahasa Dan Pengembangan Tenaga Pengajar UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ainon Marziah, 160701121 (2023) Evaluasi Jalur Pedestrian Pada Area Gedung Pusat Bahasa Dan Pengembangan Tenaga Pengajar UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pedestrian, penyediaan sarana jaringan pejalan kaki, Permen PU Nomor : 03/PRT/M/2014] Text (Pedestrian, penyediaan sarana jaringan pejalan kaki, Permen PU Nomor : 03/PRT/M/2014)
Ainon Marziah, 160701121, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Di Indonesia, jalur pejalan kaki memiliki peran yang strategis dan penting dalam mendukung aktivitas masyarakat. Jalur pejalan kaki ini digunakan di berbagai tempat, seperti kampus dan area publik lainnya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh adalah salah satu universitas negeri terbesar di Aceh. Kampus utamanya terletak di Lorong Ibnu Sina No.2, Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh. Evaluasi terhadap area Gedung Pusat Bahasa dan Pengembangan Tenaga Pengajar karena ditemukan adanya perbedaan pada jalur pedestrian antara sisi utara dan sisi timur area gedung tersebut. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2014 tentang penyediaan sarana jaringan pejalan kaki. Evaluasi ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana kondisi jalur pedestrian dan solusi atas permasalahan yang ada di area pada kedua segmen objek penelitian. Penelitian kualitatif yang bersifat pengukuran yang diuraikan secara deskriptif. Data yang bersifat observasi langsung, yang menjadi dasar untuk menganalisis kondisi jalur pejalan kaki dan mengidentifikasi kesesuaian dengan standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 03/PRT/M/2014. Dari hasil observasi tersebut dapat di rekomendasikan jalur pejalan kaki yang sesui dengan Permen PU Nomor : 03/PRT/M/2014 dan dirumuskan penataan jalur pedestrian yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Ainon Marziah Ainon
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:25
Last Modified: 14 Sep 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32395

Actions (login required)

View Item
View Item