Hubungan Antara Isntensitas Membaca Al-Quran Terhadap Penguat Daya Ingat Pada Lansia Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan

Jundillah Alkairi, 160303009 (2023) Hubungan Antara Isntensitas Membaca Al-Quran Terhadap Penguat Daya Ingat Pada Lansia Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Hubungan Antara Isntensitas Membaca Al-Quran Terhadap Penguat Daya Ingat Pada Lansia Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan] Text (Hubungan Antara Isntensitas Membaca Al-Quran Terhadap Penguat Daya Ingat Pada Lansia Desa Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan)
Jundillah Alkairi, 160303009, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari muslim menjadi bacaan dengan tujuan ibadah, umat muslim membaca Al-Quran agar mendapatkan pahala, menenangkan hati sebagai zikir dan juga menyelami maknanya. Rutinitas membaca Al-Quran ini dilakukan oleh berbagai kalangan. Wanita lansia di Masjid Al-Munawwarah yang juga melakukan hal tersebut secara khusus, dan serius belajar tahsin agar bacaan Al-Quran yang dibaca mereka benar. Pada penelitian ini melihat pada fenomena pembacaan Al-Quran oleh sekelompok perempuan lansia di Masjid al-Munawwarah, Gampong Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, maka diteliti bagaimana hubungan daya ingat pada lansia, dan aktivitas membaca Al-Quran tersebut, peneliti melakukan penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden yang telah diperoleh melalui teknik pengambilan sampel, setelah data kuisioner diperoleh baru diolah menjadi jadi data base berupa tabel dan angka dari hasil olah SPSS, untuk melihat korelasi atau tingkat hubungan, dan selanjutnya dianalisa. Hasil penelitian dapat dilihat nilai keterhubungan atau korelasi yang secara inferensia pada penelitian ini nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,008 dengan nilai koefisien korelasi 0,710. Nilai tersebut lebih kecil daripada alpha(0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran membaca al-Quran terhadap fungsi kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Jundillah Alkairi
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:19
Last Modified: 14 Sep 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32399

Actions (login required)

View Item
View Item