Pemanfaatan Dana Gampong Berbasis Analisis Kebutuhan Masyarakat (Studi Kasus Gampong Padang Hilir Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)

Tezar Radiansyah, 441307492 (2023) Pemanfaatan Dana Gampong Berbasis Analisis Kebutuhan Masyarakat (Studi Kasus Gampong Padang Hilir Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tezar Radiansyah,  441307492, Fak Dakwah, 2023.pdf] Text
Tezar Radiansyah, 441307492, Fak Dakwah, 2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Dana Gampong Berbasis Analisis Kebutuhan Masyarakat (Studi Kasus Gampong Padang Hilir Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)”. Dana Gampong yang bersumber dari pusat maupun kabupaten menjadi peluang bagi gampong untuk melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan dan berdaya guna untuk kesejahteraan masyarakat. Penulis mencoba untuk menganalisis tentang pemanfaatan dana gampong terhadap kebutuhan masyarakat yang selama ini kurang diketahui. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan dana gampong berbasis analisis kebutuhan masyarakat di Gampong Padang Hilir Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pemanfaatan dana gampong di Gampong Padang Hilir Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis penulis, dapat dikatakan bahwa pemanfaatan dana gampong berbasis analisis kebutuhan masyarakat digampong Padang Hilir Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya dimanfaatkan untuk bidang penyelenggaraan pemerintahan gampong, pelaksanaan pembangunan gampong, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan hasil musrembang dan prioritas kebutuhan masyarakat gampong Padang Hilir. Pada dasarnya, kendala yang dihadapi oleh tim pelaksana kegiatan yaitu pemakaian lahan warga untuk melakukan pembangunan saluran pembuangan. Oleh sebab itu sebelum melakukan pembangunan saluran tim pelaksana kegiatan melakukan permohonan izin untuk lahan yang akan dibangun kepada warga yang bersangkutan. Hal ini menjadi hambatan untuk waktu pembangunan itu sendiri. Dari segi pembangunan yang lain seperti lapangan bola kaki juga mempunyai kendala yang sama yaitu tidak adanya lahan untuk melakukan pembangunan lapangan. Hanya saja pada bagian ini bukan menjadi kebutuhan prioritas bagi masyarakat setempat dan bisa dibangun dilain waktu. Jadi, untuk pembangunan bola kaki belum dapat dibangun.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Dana Gampong, Padang Hilir Susoh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tezar Radiansyah Tezar
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:30
Last Modified: 14 Sep 2023 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32400

Actions (login required)

View Item
View Item